Pariwisata Kota Jepara: Kota Ukir paling Tersohor di Indonesia

Apakah kamu ingin gabung ke grup sejarah?

Apakah kamu pengen tau sejarah suatu tempat? Misalnya Sejarah Raja Ampat Papua?

Apakah Pengen Tau Kisah Traveler Legendaris yang akan Saya Suguhkan?

Apakah Kamu udah tau pahlawan - pahlawan wanita Indonesia? 

Apakah kamu pengen tau tokoh muslimah yang berkontrubusi dalam sejarah islam?

Saya mengajak kamu jika kamu betul betul mau

Join via Whatsapp

Jepara adalah salah satu kabupaten di provinsi jawa tengah.

Kabuoaten jepara berbatasan dengan laut jawa di barat dan di utara, kabupaten pati dan kabupaten kudus di timur serta kabupaten demak di selatan.

Wilayah kabupaten jepara meliputi kepulauan karimunjawa yang berada di laut jawa.

Jepara memiliki motto “Trus Karyo Tataning Bumi”. Motto ini diambil dari bahasa jawa yang artinya terus bekerja keras membangun daerah.

Jepara memiliki luas 1004,16 km².

Ada berbagai macam suku yang mendiami kota ini ada suku jawa, portugis, arab, tinghoa, bugis.

Kabupaten jepara terletak di pantai utara jawa tengah yang bagian barat dan utaranya dibatasi laut.

Bagian timur wilayah kabupaten ini merupakan daerah pegunungan. Sementara pulau karimunjawa merupakan gugusan pulau di laut jawa.

Ada juga pulau yang besar selain karimunjawa yaitu pulau kemujan.

Keindahan jepara dan pulau karimunjawa ini menyebabkan dijuluki caribbean of java.

Sebagain besar wilayah karimunjawa dilindungi oleh cagar alam laut karimunjawa.

Penyebaran ke kepulauan ini dilayani oleh kapal ferry yang bermula dari pelabuhan jepara. Disana juga ada bandara yang bisa didarati pesawat dari bandara ahmad yani semarang. Nama bandaranya adalah dewandaru.

Secara etimologis, nama jepara diambil dari sebutan ujung Para. Ujung artinya bagian barat yang menjorok ke laut dan Para yang artinya menunjukkan arah, yang digabung menjadi suatu daerah yang menjorok ke laut.

Letak geografis memang menempatkan jepara di semenanjung yang strategis dan mudah dijangkau oleh para pedagang.

Kata “Para” dari sumber yang lain diartikan Pepara, diambil dari bahasa jawa, artinya berjualan ke sana ke mari yang kemudian diartikan sebuah ujung tempat bermukimnya para pedagang dari berbagai daerah yang hilir mudik di tempat tersebut.

Jepara memiliki banyak julukan, seperti kota ukir misalnya.

Pada zaman kerajaan Kalinyamat yang dipimpin sultan Hadlirin, ayah angkatnya yang berasal dari china mengukir batu yang dia bawa dari china untuk diletakkan di masjid mantingan.

Lalu dia mengajarkan cara mengukir yang indah kepada warga jepara sampai sekarang.

Maka jepara dijuluki kota ukir. Bahkan di jepara pernah masuk rekor MURI sebagai kota yang pernah mengadakan event mengukir bersama.

Jepara dikenal sebagai bumi kartini, karena di kota tersebut meruoakan tempat lahir R.A Kartini, salah satu pahlawan pergerakan nasional di indonesia.

Jepara juga dikenal sebagai kota energi, karena di sana terdapat 4 PLTU yang menjadi pemasok listrik di jawa, bali, madura.

Selain PLTU, jepara juga memiliki PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel), PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya), PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas) dan PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir)

Japara juga dikenal sebagai kota fashion, karena disana banyak sekali industri fashion seperti: Tenun ikat, Batik, Usaha konveksi, perhiasan monel dan berbagai produ fashion lain.

Jepara juga memiliki khasanah perkulineran yang kaya.

Misalnya: Pindang Serani, Soto jepara, soto bumbu, Sop udang, Sup Pangsit Jepara, Opor Panggang, Bongko Mento, Lontong Krubyuk, Sayur betik (Sayur pepaya muda dan tetelan) dll

Adapula miuman khas jepara, seperti: sutet (susu telor tegangan tinggi), es gempol, es dawet jepara, kopi tempur dan berbagai jajan pasa seperti: Rondho, Royal, Madu Mongso dll.

Ada berbagai macam makanan yang sering dijadikan oleh – oleh khas jepara, seperti: kacang jepara (kacang yang masih ada kulitnya), digoreng dengan pasir sampai kehitaman), kacang oven, kerupuk tengiri, kerupuk kerapu, carang madu (tepung beras, gula merah dan bumbu yang dicetak seperti sarang laba – laba), durian petruk jepara.

Demikian sekilas kisah tentang jepara, salah satu kota dengan banyak kekayaan di Indonesia.

Menerima Pembuatan Jasa Pembuatan Website / Blog / Web Toko Online Menerima Jasa Pemasaran Online untuk Mendongkrak Penjualan Bisnis Saudara

Info Lebih Lanjut Sini

Mukhofas BauBlogging

2 Komentar Tambahkan milikmu
  1. bukan hanya di indonesia namun juga di dunia. Orang lokal jarang yang beli karena mahal, kebanyakan di ekspor. Salam kenal dari blogwalking. Berkunjung balik ya,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *