Update Blog Pasca Idul Adha, Inspirasi Novel Api Tauhid

sudah satu minggu lebih pasca hari idul adha tidak update di Mukhofasalfikri.com

ada banyak hal mengapa tidak bisa.

terutama paket data atau kuota internet dari Telkomsel Simpati telah berdosis sehingga harus menunggu beberapa hari untuk bisa membeli paket itu lagi.

dalam masa 1 minggu itu mencoba untuk membeli kartu telkomsel yang baru terutama As dan Kartu Loop tapi terhalang belum punya waktu dan uang yang cukup untuk beli itu semua.

ponsel cerdas pun juga tidak bisa karena layarnya sudah 1 minggu lebih ini rusak alias pecah sehingga untuk menggerak gerakkan naik turun pun kesulitan. [Baca : Tablet Rusak Kaca Pecah]

ya gimana lagi coba?

apalagi dikala tidak ada internet itu menggunakan waktu untuk menulis di laptop dan membaca brosur brosur kajian islam baik itu brosur tafsir Al-Qur’an maupun hadits.

aku lebih suka membaca kitab referensi keislaman baik ilmu tafsir maupun hadits dalam bentu brosur sehingga mempermudah untuk dibaca, dipahami dan bisa dibawa kemana pun pergi.

apalagi adikku yang sudah masuk kuliah jurusan psikolog di UNS tahun pertama pun. aku kadang pinjam untuk membaca buku buku pengantar kuliah tersebut.

ada banyak ilmu baru dari sana. dari buku itu banyak belajar darinya dan tentu saja ini menambah referensi bacaanku.

biasalah. memang buku itu untuk kalangan pembaca berat tetap ada faedahnya.

disamping itu. dulu ketika adikku masih sekolah di SMA MTA dan menjadi juara kelas dan menyabet juara itu mendapat rewerd yang tentu saja memotivasi buat para siswa yang belum berprestasi. Kategori [SMA MTA]

salah satu reward itu adalah pemberian buku bacaan yang berkualitas untuk menambah semangat dalam belajar para siswanya. buku yang saya baca dalam minggu ini adalah novel Api Tauhid besutan kang abik yang isinya menceritakan kisah hidup seorang ulama besar turki di masa pergolakan antara masa turki usmani dan turki sekuler.

novelnya memang sangat sarat akan nilaia nilai sejarah hidup sang ulama “Badiuzzaman” Said Nursi membaca buku ini menghabiskan waktu tiga hari.

di hari ini ketika sudah bisa membeli paket internet baru. hal yang ingin cari di internet adalah sosok kehidupan badiuzzaman said nursi.

saya membaca dengan serius untuk mengetahui sepak terjangnya.

Baca Kisahnya : Syaikh Badiuzzaman Said Nursi ulama dan Mujahid tak Lekang oleh Masa

dari perbandingan dengan novel sejarah itu ada kemiripan dan perbedaan, tapi bagi saya yang penting hikmahnya yang dapat dipetik dan memberi pelajaran hidup bagi generasi islam hari ini yang dirudung banyak masalah keummatan.

untuk pertama kalinya mengenal sosok ulama besar ini hingga karya karyanya yang ditulis selama dalam pengasingannya.

walaupun dalam pengasingan itu karya karya pun bisa tembus.

nah akhirnya bisa menulis lagi disini. semoga untuk pembaca yang sepintas baca ini bisa mengambil pelajaran darinya.

 

 

2 thoughts on “Update Blog Pasca Idul Adha, Inspirasi Novel Api Tauhid

    • Dear mas aqieb

      Tentu saja. Tapi ada sedikt perbedaan yang cukup mencolok dari kisah asliny seperti di penjara dlam novel 25 tahun tapi pendapat lain 24 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *