Takut Berbicara Saat Mengajar

jujur saja didepan orang banyak untuk menyampaikan gagasan atau ceramah/tausiyah/seminar dan sejenisnya aslinya saya sangat minder.

tidak berani untuk berbicara secara jelas sebagaimana menyamapiakn gagasan diruang keluarga bersama kakak, adik ayah dan ibu.

seperti tadi saat saya mendapat jatah mengajar untuk anak anak TPA atau diniyah saat pembukaan omongan sangat kacau tidak bisa berbicara secara sempurna. dan sudah yang kesekian kalinya.

karena juga tidak menemukan kata yang tepat, akhirnya ya sudah sudah agak tidal percata diri saat masih mulai memulai.

seperti biasa saya menayangkan  video video yang bermanfaat buat adik adik yang hadir pada sore hari tadi.

membuka tayangan kepada mereka tontonan sejarah para sahabat nabi. saya sendiri lebih banyak diam hanya beberapa kali berbicara tidak terlalu panjang hanya menyimak durasi video itu hingga selesai.

disaat yang sama ibuku selesai kelompok dalam tempat yang sama melihat saya bagaimana mengajar.

ketika sampai dan usai pemberian materi oleh saya semua murid murid yang saya ampu suruh pulang karena sudah selesai.

tak berselang lama adik saya yang juga ikut serta dalam acara ini.

dirumah itu sedikit mengkritik sikapku tentang gaya menyampaikan tadi, ibu menginginkan aku agar banyak ngomong daripada menyetelkan kepada mereka video. dengan belajar berbicara itu akan menambah kecakapan berbicara didepan umum.

karena kelak kamu akan menjadi penanggung jawab dan dibebani dalam mengurus umat ini.

bila tidak manusia yang mengajak kepada kebaikan niscaya dunia ini akan hancur, maka orang yang mau mengajak seperti kamu itu akan lebih bermanfaat suatu saat kelak.

saya malah jadi malu bila tidak bisa mewujudkan keinginan orang tua untuk bisa orang yang berani berbicara depan publik semisal menjadi seorang kepala sekolah yang harus menyampaikan kepada bawahannya (murid murid) atau seorang presiden yang harus menyampaikan pidato kenegaraannya kepada rakyatnya.

bagaimana saran Anda?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *