Sejak Kapan Mulai Menulis?

Menulis adalah hobiku yang terpaksa bukan karena keinginan yang dadakan.

Kalau dulu tidak terlalu suka dengan hobi ini, tapi semanjak lulus SMA dan ingin menekuni blog maka niat menulis mulai tumbuh dan mau tak mau menulis adalah hal penting.

Kali ini berbagi pengalaman menulis dari segi tanya jawab

Bisa diceritakan sejak kapan mas Mukhofas mulai menulis?

Yang pasti sejak sekolah dasar sudah mulai menulis. Menulis materi materi pelajaran dikelas hingga mengerjakan tugas rumah adalah bagian dari menulis. Hehehe iya ngga nih? Kalau saya sih begitu.

Tapi kekuatan niat dan motivasi belum begitu kuat waktu itu/menggebu gebu sama sekali. Baru menyadari niat menulis ketika SMA. Dan ketertarikan bukan menulis fiksi semisal, flashfiction, cerpen, dan sejenisnya.

Atas dasar niat ketika SMA muncullah impian untuk menjadi seorang penulis yang bisa memberi warna kehidupan bagi orang lain, memberi pencerahan hidup, memberi motivasi dan inspirasi yang telah membaca atau minimal tahu.

Saya mulai sekolah SMA sejak tahun 2010 dan lulus pada tahun 2013. Dan tentu dengan pengalaman yang mengesankan.

Dan kesukaan menulis yang disuka pertama kalii bukan fiksi tetapi non fiksi seperti menulis tentang opini suatu masalah, tentang pendapat dari sudut pandangku yang ditulis dalam essai pendek.

Yang saya tulis ketika SMA hanya di kertas HVS yang disediakan oleh panitia acara saat bulan bahasa. Kalau di sekolah saya adalah siswa siswa yang terlibat dalam majalah sekolah adalah panitianya. Dan disertai guru pembimbing.

Oh iya ketika bulan bahasa itu acara menulis artikel secara serentak adalah salah satu jalan mulus untuk mewujudkan impian menjadi seorang penulis. Dan kalah bagusnya, ternyata pihak panitia bulan bahasa memberikan hadiah bagi yang menulis artikel terbaik dibidangnya masing masing. Dan saya tidak masuk dalam daftar daftar yang mendapatkannya.

Setelah lulius SMA saya memutuskan untuk membuat blog sebagai sarana silaturahmi dengan pembaca yang membaca blogku.

Dan tahun 2013 sekitar bulan juli saya memutuskan membuat blog di mkhoirudinfs.blogspot.com (kini saya pindahkan ke mkhoirudinfs.wordpress.com) dengan cara export file dan tentu sudah ratusan tulisan dimuat didalamnya. Dan blog pertama saya masih sedikit tulisannya khoirudinku.blogspot.com bila ngga salah.

Jujur ya tulisan blog diatas adalah tulisan yang kupindah yang semula di mkhoirudinfs.blogspot.com ke mkhoirudinfs.wordpress.com aku hijrah dari blog blogger.com ke wordpress.com maupun wordpress.org dan sejak bulan november 2015 ini aku menulis seluruh pengalaman hidup yang bermanfaat di blog mukhofasalfikri.com dan terus berkelanjutan. Semoga tetap istiqomah menulis di blog.

Tapi intinya saya lebih suka menulis di blog karena manfaatnya yang besar. Tidak semua orang tahu, setiap individu memiliki keinginan menulis dengan cara berbeda beda. Sebelumnya sudah menulis tentang pengalaman menulis.

Awalnya kurang begitu menikmati dengan menulis ini, tapi seiring berubah cara berpikir maka berubah pula mood menulis dan akhirnya menikmatinya. Menulis itu nikmat.

Selain dari blog saya juga memiliki blog lokal/blog warga. Blog lokal milik saya jarang diisi karena agak ribet dan banyaknya hal hal yang harus dilakukan untuk blog pribadi dan beberapa blog niche. Salah satu contoh blog lokal milikku adalah kompasiana.com

Dan blog adalah cara menulisku yang masih dilestarikan sampai sekarang. Bila nulis di blog atau didepan laptop sedang buntu maka aku menulisnya di buku catatan seperti binder, note mini. Pokoknya semua yang dipikiran buru buru ditulis.

Baru setelah itu ditulis ulang di microsoft word bila tidak ada jaringan internet stabil dan bila internet ngebut maka ditulis di blog deh.

Menulislah kapan saja dan dimanapun dan yang penting jangan berhenti.

bersambung

 

10 thoughts on “Sejak Kapan Mulai Menulis?

  1. Kalau saya berawal dari kebiasaan sejak kecil suka membaca dan banyak ide yang berkumpul dalam kepala. Sehingga mau tidak mencari aktivitas untuk menyalurkannya dan akhirnya nemulah dunia menulis.

  2. Saya juga memiliki beberapa blog. Yang jika pindah saya mengambil dari isi blog sebelumyan. Tapi sebagian besar saat ini saya malah membuangnya dan menghapus blog lama. Mengapa saya membuang kebanyakan psotingan atau tidak mengcopas di blog baru, karena sekarang saya berpikir bahwa postingan itu sudah tidak bermutu atau tidak bermanfaat, menuhin blog saja.

    Saya masih memiliki dua blog pribadi saat ini. Menggunakan WordPress lebih banyak mendapat kunjungan dan komentar sebenarnya bagi saya, tapi menggunakannya saya masih sering merasa bingung. Saran dong, gimana agar saya serius mngurusi blog saya. Sisakan satu aau kelolah keduanya? Atau gimana.

    Thanks, Maaf kebanyakan curhat. 😀

    • Assalamualaikum wr wb mbak Mi Nurmi. menanggapi pertanyaan yang dikomentari ini, sebenarnya tulisan blog yang lama tidak perlu dihapus karena itu bukti bahwa kita pernah menulisnya dan itu bagian dari sejarah

      selanjutnya mengelola blog satu atau lebih? kalo merasa tidak sanggup untuk mengurus banyak blog sebaiknya satu saja dulu dan blog yang tidak perlu dihapus. blog lain bisa dikelola diwaktu waktu yang lain kalo ada waktu untuk menulisnya.

      jika banyak ntar malah menganggu aktivitas dan pikiran. tapi kalo banyak juga ngga apa apa untuk memanfaatkan waktu daripada sia sia tak tergunakan.

      itu jawabannya semoga bisa membantu

  3. Salam kenal bang, saya juga masih baru kemarin hobi menulis. Dan menurut saya memang menulis diblog lebih asik karena kita bisa berbagi cerita kepada orang lain. Berbeda dengan anda, saya lebih senang menulis dengan bahasa keseharian tanpa terlalu formal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *