Perlukah Penulis itu Bergabung dengan Sebuah Komunitas?

“Kakak Perlukah penulis itu bergabung dengan sebuah komunitas? terima kasih atas jawabannya”

Menurut hemat saya ada dua pendapat tentang apakah penulis itu ikut bergabung dalam grup kepenulisan atau tidak?

Kalau memang merasa kita butuh komunitas kepenulisan kenapa tidak gabung aja?

Apalagi saya sampai sejak menulis tentang ini belum pernah bergabung dalam komunitas menulis secara offline. Dan kalau pun bergabung itupun Cuma sebentar.

Saya belajar menulis dari pengalaman demi pengalaman yang berawal secara tidak terduga saja.

Terus saya belajar mengasah dengan banyak membaca buku hingga artikel yang banyak bertebaran dimana mana baik di twitter hingga peta pencari informasi di google misalnya.

Di mesin pencara banyak sekali informasi tentang cara memulai belajar menulis hingga tersedia ebook hingga video yang bisa kita tonton dan tentu makin menambah pengalaman menulis.

Dan jujur saja, saya sebenarnya juga ingin untuk ikut bergabung dengan komunitas menulis khususnya offline dengan alasan

  1. Menambah kenalan baru dalam kepenulisan
  2. Bisa berbagi inspirasi secara nyata bukan maya saja.
  3. Memperluas jaringan dalam mempromosikan karya kita
  4. Bisa merintis dan mengajak manusia lain untuk peduli baca dan menulis
  5. Bisa mengajarkan ilmu yang kita dapati kepada pemula (secara nyata bukan maya)
  6. Menambah ikatan emosianal penulis dengan penulis lain
  7. Bisa saling kritik, saran dan masukan disertai dengan argumentasi ditambah gerak tubuh sehingga bisa memahami maksudnya yang disampaikan
  8. Dan lain lain (kalau mau nambah silakan berkomentar)

Dan kalau dengan komunitas menulis secara online saya banyak bergabung

  1. Komunitas Bisa Menulis (Isa Alamsyah Dkk)
  2. Forum Diskusi Menulis
  3. Dan lain lain

Dan jujur saja saya sendiri jarang aktif diberbagai grup kepenulisan di dunia maya termasuk sosial media.

Saya lebih banyak membaca dan mengikuti gaya penulis atau orang orang yang berbagi pengalamannya dan tips tips menulisnya yang saya cari dan saya temui di blog blog yang membahas seputar menulis.

Dari situ saya ambil hikmahnya untuk dipahami dan dijalankan untuk proses menulis kita. Bukan malah membaca terus pergi berlalu lalang tanpa memaknai sama sekali.

Jadi penting atau tidaknya bergabung dalam sebuah komunitas kepenulisan itu tergantung pada kata hati kita.

Kalau bergabung apa manfaatnya bagi saya? Dan kalau tidak bergabung apa manfaatnya bagi saya? Apakah ada kelebihan dan kelemahan ketika bergabung?

Apakah menambah produktivitas dalam menulis atau malah menurunkan?

Kalau saya sendiri bergabung hanya untuk mencari relasi baru guna

  1. Mencari calon pembaca

Karena dengan ikut komunitas saya juga bisa mengenalkan karya baru sehingga mereka menjadi tahu. Coba kalau tidak?

Bukanya pembaca itu penting buat karya kita? Bagaimana kalau tidak? Pasti pembacanya tidak akan banyak hanya mengandalkan promosi saja dan keajaiban.

  1. Membantu mempromosikan

Coba kalau buku karya kita yang mempromosikan hanya kita sendiri? Mungkin akan kelelahan, tapi bagaimana kalau dibantu oleh teman teman komunitas? Mungkin bisa ikut membantu mempromosikan buku kita.

  1. Banyak silaturahim banyak rezeki

Tidak harus bergabung dengan komunitas bisa untuk bersilaturahim. Dengan siapa saja bisa. Bila silaturahim dengan siapa saja berjalan dengan baik bisa jadi tertular dengan (Anda) selaku penulisdan tertarik untuk membaca karya Anda.

Dengan karya Anda itu mungkin akan menjadi penggemar setia dari karya Anda.

Nah penting atau tidak untuk bergabung dalam sebuah komunitas menulis bisa dilihat dari berbagai sudut pandang orang yang hendak bergabung itu? Apakah nanti bisa mengebrak kemampuan menulisnya atau dalam kondisi yang biasa biasa saja?

Saya sendir bergabung di komunitas bisa untuk mencari ide atau inspirasi menulis, karena bisa jadi inspirasi menulis datang dari komunitas sehingga siap siap dieksekusi.

Bagaimana dengan Anda?

6 thoughts on “Perlukah Penulis itu Bergabung dengan Sebuah Komunitas?

  1. Begini ya, Nak..
    Dengan bergabung bersama komunitas menulis, kita bisa melihat gaya menulis orang lain. Kita bisa meneladani hal positif dari gaya orang lain tersebut, dan mengetahui dampak buruk dari hal negatif yang ditimbulkan gaya tersebut.
    Manfaatnya tentu akan membuat kita mengevaluasi gaya kita sendiri dan membuat kita jadi penulis yang lebih baik lagi.

  2. Menurut saya wajib mas fikr. Saya yakin penulis besar diluar sana mempunyai banyak relasi dan jaringan. Tentu semua itu ada wadahnya. Apalagi kalau pemula, wajib bnget ikut komunitas. Banyak manfaatnya deh yakin. Kalau saya bohong. Potong saja leher ayam saya hehee

    Banyak manfaat ikut komunitas. Kita bisa menambah relasi. Bisa sharing2 atau bahkan curhat juga hihi.. Apalagi kalau bisa ketemu sama penerbit, bisa minta diskon penerbitam buku tuh hee

    Gak cuma penulis sih. Saya pun yg basicnya bukan penulis dan bukan siapa2 juga ikut komunitas dan organisasi. Saya suka punya banyak teman. Suka bersoasialisasi. Dan saya sudah merasakan manfaatnya. Silahkan coba

    #SalamDahsyat

  3. Menurut saya, bergabung dengan sebuah komunitas menulis akan sangat membantu apalagi bagi penulis pemula seperti saya, setidaknya kita bisa mengetahui dimana letak kesalahan penulisan dan sebagainya, dpt sharing jg langsung dengan penulis yang udah lebih berpengalaman dan terkoneksi dengan orng2 yg jg sedang belajar menulis hehe tapi disamping itu kita juga perlu belajar dr pengalaman2 kita, membaca dan sebagainya hehe

    Terima kasih mas atas pengetahuan dan informasinya ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *