Perlu Tidak Proyek Menulis yang Dilakukan Penulis Lain?

“Permisi.. mau tanya.. kalau ada proyek menulis dan nanti naskah tanpa diselekssi bakal dibukukan dan peserta harus beli bukunya. Gimana menurut teman teman grup WA ini? Lebih baik ikut apa nggak?”

Dan pendapat beberapa hobi yang sama dalam dunia menulis mengemukan pendapatnya

“ikut saja… apalagi buat salah satu penulisnya adalah baru perdana terbit buku walau antologi. Buat pengalaman itu penting.”

Ingat ! tidak ada karya yang jelek. Yang jelek adalah menganggap karya kita tiada bagusnya padahal dia sendiri belum pernah terbit buku.

Semua butuh pengalaman, perjuangan dan usaha keras. Apapun jenis tulisan kalian adalah bagus. Dan yang terbaik . pak tino sidin (acara tahun 1980 an di TVRI) menggambar selalu bilang ‘bagus’ walau sebenarnya tidak.

Mau fiksi maupun nonfiksi bahkan ilmiah sekalipun semua itu bagus, jangan sok intelek dan pinter menganggap tulisan penulis lain pemula maupun profesional apalagi anak negeri indonesia jelek ya..

Apa tidak ada salahnya membeli?

Terus juga tidak ada salahnya kita membeli buku yang didalamnya ada karya kita .sebelum mengapresiasi karya orang lain , alangkah baiknya mengapresiasi karya diri sendiri.

Dan tidak ada salahnya ikut, siapa tahu dari proyek yang tanpa seleksi itu bisa menambah rasa percaya diri untuk menerbitkan buku.

Menurut pendapat penulis lain dalam diskusi dalam lain kesempatan : “menulis seperti ini bikin rugi penulisnya, karena tidak dapat royalti kalau seandainya buku itu terjual lagi, lagi dan lagi”

Bukannya hak karya masih milik penulis? Penulis harus masih memiliki hak untuk menerbitkannya.

Rezeki itu tidak harus berupa uang , fortuner, rumah mewah. Tapi pengalaman dan perjuangan harus kita hargai mahal. Pengalaman adalah harga termahal yang harus diraih oleh seseorang yang ingin berhasil dalam karirnya.

Tambahan

Untuk seorang pemula sekaligus ebagai media latihan itu tidak ada salahnya untuk join event kepenulisan. Hanya sekedar untuk cari pengalaman.

Dan masalah royalti dan atau apalah (penghargaan tidak harus ditunjukkan dengan uang atau popularitas. Sudah ada yang membaca tulisan pun sudah merasa bersyukur.

Demikian hasil sharing yang saya dapatkan dan dirasa penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *