Pengalaman Ngeblog

tulis ulang sebagian

#pengalaman ngeblog

1. pengalaman nulis pertama di blog

sebenarnya saya sudah menulis beberapa pengalaman penting terkait blog, tapi saya hendak membahas lagi dengan gaya berbeda

– keluhan menulis saat awal awal saya ngeblog dulu pasti ada. dan saya ngga bisa menulis secara mendetail berhubung laptop saya rusak terutama monitor sehingga ngga punya cukup uang untuk service… dan hari ini saya mengandalkan kekuatan ponsel saja untuk menulis..

keluhan menulis saya seperti : tulisan yang hilang saat nulis online, mati lampu, ide hilang, ide habis, sibuk dengan pekerjaan diluar gadget dan lain lain..

harus ngedit ngedit tulisan lama juga menjadi keluhan menulis, karena untuk bisa menulis lebih banyak lagi..

malas, adakalanya sifat buruk ini muncul. padahal menulis itu bisa setiap hari seperti para ulama ahlus sunnah yang bisa nulis ribuan jilid jilid tulisan yang terbilang berat..

mengeluh saat menulis itu banyak daripada harus dipatahkan untuk terus menulis dan berhenti untuk mengeluh. saya terinspirasi dan termotivasi dari quote kata kata mas ippho santosa tentang mengeluh dan sejak saat itu berusaha untuk tidak mengeluh dalam kondisi sesulit apapun.

– kendala

laptop yang kadang rusak sehingga tidak bisa menulis dan internet yang tidak mendukung untuk upload tulisan dan gambar saja susahnya bukan kepalang.. saya harus tarik nafas panjang..

pernah juga menggunakan modem smatfren juga terkadang lemah di daerah saya di karanganyar pedesaan..

pernah menggunakan modem flash kadang kuat kadang lemah.. itu saya jalani.. selain nulis di laptop waktu itu yang juga tidak punya jaringan internet kust dan stabil saya lebih mengandalkan internet ponsel untuk menulis walaupun tulisan tidak sepanjang di laptop..

saya pernah menggunakan aplikasi Blogger android, tetapi juga kurang puas, pernah membuka browser google chrome untuk cek cek statistik pengunjung saja.. dan tidak nyaman juga menggunakan aplikasi Blogger android selama ini.

disamping itu saya juga menggunakan aplikasi wordpress android cukup puas kala itu dengan versi 3 tapi seiring berjalannya waktu saya mengganti wordpress android dengan versi 5 lebih baik dari sebelumnya dan merasa bahagia menggunakan wordpress hehe…

kendala lain adalah soal orang tua yang marah bila saya ngenet di daerah berjaringan wi-fi pulang hingga mulai maghrib.. orang tua ngga suka alaikum apabila ini menjadi suatu kebiasaan buruk..

dan berbagai macam kendala kendala lain yang akan dibahas kedepannya..

2. pengalaman pertama ngeblog

– kapan mulai ngeblog?
saya ngeblog dengan iseng iseng buat di Blogger bersama sepupu saya muhammad fauzan sekarang dia smp/pondok pesantren.

saya buat di warnet. saat itu saya belum punya hape android dambaan para pengguna ponsel. dan saat itu juga saya belum punya laptop dan komputer pun rusak atau ga ada internet yang memadai.

pada hari itu bulan desember 2010 di matesih karanganyar indonesia

– siapa inspirasi ngeblog?

banyak. inspirasi awal saya adalah medhy aghinta hidayat dan mas muhammad assad terus dari beliau merambah lagi ke ceruk yang lebih luas lagi, misalnya sugeng riyadi, indri lidiawati, marikson manurung, darmawan pim, herman yudiono dan lain lain termasuk blogger wanita

3. pengalaman lomba blog

pengalaman lomba yang pertama saya ikuti lomba  tentang patti jalal dan saya gagal dan katanya untuk 100 pengiriman artikel lomba diberikan sebuah buku indonesia unggul (maaf lupa) tapi para panitia ngga mengirimkan padahal rumah saya jauh dari lokasi pengambilan dan itu tidak mungkin.

dan sederet deret lomba lainnya dan saya lebih banyak gagalnya daripada lomba menulis kecil kecil seperti dari mbak evrina dan argalitha. baru dua itu yang saya menangi.

4. pengalaman mendatangkan pengunjung

– dengan smo

biasanya menggunakan sosial media dan bagaimana kita bisa menerapkan strategi terbaik untuk mendatangkan arus itu.. dan yang saya lakukan
1. buat status di facebook tentang blog kita
2. share di grup berkualitas sehingga pengunjung ada.
3. buat fanspage blog/branding diri kita
4. buat link di catatan. dulu bisa kini udah ngga bisa
5. buat dokumen di grup dengan artikel yang bermanfaat dan didalamnya diberikan tautan blog kita atau link sumber artikel kita
6. di twitter dengan mencari influincer yang mau meretwet konten blog kita. pernah loh artikel saya diretwet dan itu mendatangkan pengunjung
7. google plus juga. saya bergabung juga di grup grup Blogger google plus untuk sharing artikel blog saya ada juga yang membuka sih, tapi saya jarang fokus kesana dengan alasan irit kuota internet dan apabila  menggunakan wi-fi saya maksimalkan google plus ini.

– dengan seo
jujur sebenarnya saya kurang memperhatikan seo terhadap blog saya. tapi dengan sendirinya beberapa artikel blog saya juga masuk mesin pencari tapi tidak banyak. tapi alhamdulillah.

5. pengalaman oprek template

sebenarnya lebih banyak gagalnya. saya ngga paham sama sekali dengan template untuk seorang Blogger selevel saya. daripada mikirin template yang sulit sulit itu saya lebih menggunakan template standar tapi seo responsive yang bisa diatur dengan mudah di Blogger ketika itu.

6. pengalaman buat kontes blog

saya pertama kali buat kontes blog pada maret 2014 di blog blogger tentang komentar terbanyak. mereka yang komentar nya paling banyak yang akan mendapatkan hadiah, tapi kurang efektif.

karena apa?

karena kurang gencarnya saya promosi waktu dan wawasan saya tentang blog belum begitu memadai.

dan saya jadi tahu seiring berjalannya waktu dan mengevaluasi kembali bagaimana cara mengadakan kontes yang efektif.

dan pada bulan oktober saya membuat kontes blog menulis tentang rokok, tapi sedikit gagal tapi ada efek positif di bulan bulan yang datang. wah sulit diungkapkan oleh kata kata untuk dipahami level pemula.

7. pengalaman dibully

teman yang membully pertama terhadap tulisan blog saya adalah salah satu teman SMA dia menganggap saya penulis idiot.

pertama saya langsung marah dengan komentar itu tapi saya berusaha meredakan emosi itu dan mencari tahu siapa sih orang dibalik itu semua.

tugas dari guru komunitas penulis online
www.ernawatililys.com
demikian ini dulu..




2 thoughts on “Pengalaman Ngeblog

  1. wah seru nih baca pengalaman ngeblognya. bisa jadi inspirasi yang ingin jadi blogger. terus menulis saja ya, lanjutkan hingga naskahnya kelar. bagi tips dan trik blogging juga ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *