Jelajahi Uniknya Kediri melalui 3 Kuliner Khas Berikut Ini

Terletak di tepi Sungai Brantas, Kediri menjanjikan deretan atraksi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Di kota yang berpenduduk sekitar 300 ribu jiwa ini, Anda akan dibuat takjub dengan keragaman budaya dan adat istiadat yang tecermin dalam bangunan bersejarah serta tata krama penduduknya.

Wisata sejarah, alam, hingga kuliner di Kediri memiliki daya tarik yang sudah tentu akan menambah pengalaman liburan Anda.

Jangan sampai Anda melewatkan sajian kuliner khas kota yang terkenal dengan replika monumen Arc de Triomphe ala Paris ini.

Daripada penasaran, yuk kita simak beberapa rekomendasi kuliner khas Kediri yang dijamin bakal menggoyang lidah.

1. Nasi Pecel Tumpang

Nasi pecel memang mudah ditemukan di mana-mana, tapi nasi pecel tumpang hanya ada di Kediri.

Lantas, apa sih yang membedakan nasi pecel tumpang Kediri dengan yang lainnya?

Yang membuat nasi pecel khas Kediri ini terasa berbeda adalah kehadiran sambal tumpang, atau sambal yang terbuat dari tempe busuk.

Jangan salah, sambal tempe busuk ini tetap terasa sedap, kok, apalagi kalau sudah dipadukan dengan sayur pecel, sate telur puyuh, ayam, dan pastinya nasi hangat yang mengepul.

Biasanya, sayuran yang disajikan pada nasi pecel tumpang tidak jauh dari varian dedaunan seperti kenikir, daun pepaya, dan daun ketela pohon.

Kelezatan nasi pecel tumpang khas Kediri ini dapat Anda nikmati di salah satu warung nasi pecel ternama di kota kretek, yakni Warung Nasi Pecel Tumpang Mbah Darmo.

Warung nasi pecel legendaris tersebut dapat Anda sambangi di Jalan Banjaran, Gang I No. 115, Banjaran, Kota Kediri.

2. Sate Emprit

Sate kambing dan sapi tentu sudah biasa. Kalau mau sesuatu yang beda, datanglah ke Kediri untuk mencoba sate emprit. Kuliner khas yang satu ini bukan sembarang sate, karena bahan utamanya adalah burung emprit, salah satu spesies burung pemakan padi.

Siapa sangka jika burung kecil yang kurus tersebut dapat diolah menjadi penganan lezat yang menggugah selera.

Sate emprit banyak digemari masyarakat lokal berkat teksturnya yang empuk, beraroma kuat, tidak lengket, gurih, dan tentunya rendah lemak. Salah satu warung sate emprit yang tersohor di Kediri adalah Sate Emprit Pak Darmanto yang berada di Jalan Ahmad Yani, Wonojoyo, Gurah, Kediri. Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati kuliner khas ini.

Cukup dengan Rp12.000-Rp15.000, sate emprit yang gurih dan lezat sudah dapat Anda nikmati.

3. Gethuk Pisang

Kediri juga punya camilan manis yang tak kalah nikmatnya dari dodol khas Garut, gethuk pisang namanya. Kudapan legit satu ini punya tekstur yang empuk saat digigit.

Belum lagi jika Anda mulai mengecap paduan rasa manis dan asam dari pisangnya, dijamin bakal membuat Anda ketagihan.

Yang lebih uniknya lagi, gethuk pisang ini dikemas dengan daun pisang menyerupai lontong.

Tidak sulit untuk menemukan gethuk pisang. Anda dapat membeli kudapan manis ini di sepanjang Jalan Dhoho untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Nah, itu dia tiga kuliner khas Kediri yang patut Anda coba. Jadi makin penasaran bukan untuk segera menjelajahi kota yang terkenal dengan pabrik rokoknya ini?

Sebelum melancong ke Kediri, jangan lupa pesan tempat penginapan untuk bermalam.

Hotel di Kediri memang banyak, tapi hanya Airy yang menjamin fasilitas premium di balik tarifnya yang super terjangkau. Dengan jaringan hotel terbesar di seluruh Indonesia, Anda dapat menikmati jaminan fasilitas lengkap seperti penyejuk ruangan, Wi-Fi, TV layar datar, air minum gratis, perlengkapan mandi, shower, dan tidak ketinggalan tempat tidur bersih.

Tunggu apa lagi?

Segera lakukan pemesanan kamar melalui website maupun aplikasi Android dan iOS.

Setelah memesan kamar di hotel pilihan Anda, nikmati fasilitas pembayaran super mudah melalui ATM maupun kartu kredit.

Yuk, jelajahi uniknya kuliner Kediri sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *