Krisis Percaya Diri : Baca materi ini

Tadi malam hari ahad tanggal 22 mei 2016 terjadi diskusi online yang berlangsung di grup Whatsapp Aplikasi Unnes (Universitas Negeri Semarang)

Dan saya sendiri tidak hadir dalam acara diskusi ini, sebab sedang berada diluar rumah dan bila sampai rumah langsung menulis untuk membuat artikel tamu di blogger lain.

Baru tadi pagi ini membaca dan sedikit memahami dari apa yang disampaikan oleh pembicara utama mbak Cahyaning Budi Utami, S.Pd

Dalam diskusi online yang dimoderatori mbak Asma’ Hanifah (Bendahara Lingua Artistika FBS Unnes 2013) membawa materi tentang “Mengobati Krisis Percaya Diri”

Langsug saja apa yang didapatkannya?

Sebelum membahas lebih jauh memberikan sekilas profil dari pembicara

Nama : Cahyaning Budi Utami, S.Pd
Merupakan mahasiswa berprestasi Fakultas Ekonomi Unnes tahun 2014. Selain itu peraih IPK cum laude ini juga sering menjuarai lomba lomba dibidangnya (kepakaran ekonomi), lomba karya tulis ilmiah, lomba debat dan lain lain.

Materi Percaya Diri

Percaya diri (self confidence)adalah suatu sikap positif dari diri seseorang yang ditujukan pada dirinya sendiri dan lingkungan yang dihadapinya.

Mengapa percaya diri itu penting?

Manusia hidup sebagai makhluk social yang setiap hari akan berinteraksi dengan orang lain. Rasa percaya diri ini dibutuhkan untuk membangun citra positif terhadap diri kita dan akan menimbulkan kesan yang positif pula pada lawan bicara.

Dalam banyak kesempatan kerja atau rekuitmen suatu organisasi, perekrut lebih memilih orang yang memiliki rasa oercaya diri.

Berdasar literature  ada 4 macam  percaya diri

Self concept : berhubungan dengan bagaimana individu mendeskripsikan dirinya.

Self estreem : sejauh mana seseorang percaya bahwa ada sesuatu yang positif dalam dirinya.

Self efficacy : keyakinan dalam diri seseorang sejauh mana ia dapat berhasil dalam mencapai tujuannya.

Self confidence : penilaian terhadap diri sendiri bahwa ia pantas dan mampu mencapai apa yang dia inginkan. Self confidence ini merupakan perpaduan antara self esteem dan self efficacy.

Sedangkan self confidence sendiri artinya adalah percaya diri. Jadi percaya diri merupakan yang cukup rumit dan simple.   

Apa penyebab percaya diri?

Penyebab krisis percaya diri

Internal
Contoh konkritnya : seseorang membatasi diri dengan anggapan negative.

Missal : saya adalah orang introvert maka menjadi pendiam adalah karakter saya dan orang lain harus memahaminya.

Anggapan seperti tersebut adalah anggapan yang kurang baik untuk kepercayaan diri. Sebab dengan anggapan tersebut menjadi pembenaran atas sikap ketidakpercayaan diri dan susah untuk berkembang.

Eksternal

Kalau eksternal ini dari omonganan orang lain yang kita masukkan ke hati  dan akhirnya mempengaruhi kta.

Jika saat ini ada yang merasa kurang percaya diri maka harus tahu penyebabnya yang mana sehingga lebih mudah  treatmentnya kalau masalah tersebut berasal dari internal, maka konsep atas diri kita yang harus diubah.

Selanjutnya masalah eksternal, sebisa mungkin untuk “hemat perasaan” jangan terlalu menganggap omongan orang dan contol your emotion.

Sekian dulu atas apa yang disampaikan pembicara.

Selanjutnya langsung sesi Tanya jawab

Minta tips bagaimana bisa percaya diri dalam hal public speaking. Dan bagaimana agar ketika kita berbicara di depan umum tidak banyak kata “emmm… eeee….iyaaa… kan,,,, dsb. Ketika kita membuat karya /pendapat juga harus PD sama karya/pendapat kita. Gimana solusinya ya?

Jawabannya

Terima kasih pertamyaannya. Kemampuan public speaking harus dilatih dengan konsisten dan tidak bisa langsung lancar dalam sekali latihan. Kuncinya adalah latihan dan partner. Jika merasa belum terbiasa untuk menyampaikan pendapat secara langsung persiapkan dulu apa yang akan disampaikan. Kedua temukan partner dalam berlatih. Apa tujuan partner? Untuk mengevaluasi maupun mengingatkan kita pada saat overcontrolled.

Ada cerita menarik seorang BJ habibie membutuhkan ibu ainun ketika berpidato untuk mengingatkan ketika beliau terbawa emosi saat berpidato.

Saya terlalu percaya diri, penyebabnya adalah setau saya karna mudahnya saya untuk memotivasi diri. Apakah hal tersebut baik baik saja. Dan bagaimana menempatkan kepercayaan diri tersebut?

Jawabannya

Terlalu percaya diri pertama “design your sytle”

Ceria boleh saja atau katakana terlalu percaya diri selama kita tahu dimana menempatkan kelebihan kita tersebut. Sejauh tidak menyebabkan dampak kurang baikpada diri kita dan orang lain.

Disusel tanggapan lain dari peserta

Situasi seperti apakah PD itu boleh dikeluarkan?

Seperti untuk mencairkan suasana dan berada pada situasi rekuitmen.

Bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri di lingkungan yang asing. Dan bagaimana pendekatan kepada mereka (lingkungan orang asing) agar kita bisa diterima dalam lingkungan mereka?

Jawabannya
Jangan merasa asing dengan mereka. Cara klasik biasanya berhasil yaitu melalui pendekatan. Cari tahu juga apa yang boleh dan tidak bleh dllakukan di lingkungan tersebut.

Berusaha quality time dengan mereka sebab yang perhatian yang sering dianggap dan diingat banyak orang adalah kehadirannya.

Contohnya : jika pindah ke suatu lingkungan baru yang cukup asing. Kita harus tahu bagaimana aturan yang ada pada daerah tersebut. Bagaimana kebudayaannya, normanya

Selanjutnya cara kedua adalah terkait kehadirannya. Maksudnya adalah perhatian positif ini kita tujukan ke orang orang tersebut dengan menghadiri undangan mereka dan hadir pada saat saat mereka butuhkan.

Kembali ke pengertian percaya diri diawal. Bahwa percaya diri itu sikap yang positif . maka jika hal tersebut mempunyai dampak negative perlu dikaji ulang apakah merupakan sifa percaya diri.

Dalam bersikap kita harus memperhatikan lingkungan sekitar apakah sejalan denga sikap kita atau justru sebalikya.
Pertanyaan sesi 2

Sebenarnya adab percaya diri untuk perempuan ada ngga sih? Karena yang kadang saya risih melhat perempuan yang terlau over confidence sehingga meninggalkan adab perempuan itu sendiri.

Jawabannya

Sejauh ini saya belum pernah membaca terkait adab percaya diri untuk perempuan. Jadi saya belum berani menjawab
Mba. Kadangkan kurangnya rasa percaya diri menjadi hal klasik ya. Kemudian bagaimana dengan  orang yang tingkat percaya dirinya terlalu tinggi. Apakah berdampak negative pada dirinya.

Jawabannya
?
Pertanyaan sesi 3 bebas
Bagaimana cara mengatasi percaya diri jika tidak percaya itu timbul karena factor eksternal atau karena perkataan orang lainyang cenderung member label terhadap tindakan seseorang.

Misalnya orang lain mengatakan saya pendiam, tidak pandai berbicara didepan orang banyak. Maka lama kelamaan saya menjad orang yang kurang ercaya diri untuk berbicara di depan orang banyak. Lantas bagaimana solusinya?
Jawbannya

Temukan lingkungan positif untuk mengembangkan rasa percaya diri.

Pilihkan aktivitas yang kita kurang percaya diri terhadapnya.

Tetapkan tolok ukur keberhasilan atas aktivitas yang kita lakukan

Demikian yang bisa disampaikan pada diskusi mala mini. Semoga bisa memetik manfaatnya walaupun masih secuil saja.

Mari Masukkan Email untuk mendapatkan informasi lain dari Mukhofas Al-Fikri

Masukkan emailmu untuk dapat pengalaman terbaru:

Delivered by FeedBurner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *