Ketidakleluasaan Ngeblog Berbuah Motivasi untuk Terus Belajar

ditengah ketidakleluasaan bahwa ngeblog itu, saya kini tidak mengandalkan laptop saja.

apalagi awal awal ngeblog saya membuat di warnet terdekat. dan tidak bisa setiap hari ke warnet.

jadi ngeblog saya secara berkala satu minggu tiga minggu bahkan berbulan baru buka dasbord blogku.

dan masa masa pertengahan sekolah menengah atas sempat vakum atau hiatus yang cukup lama.

baru bulan juli 2013 memulai ngeblog dengan semangat baru dengan komputer pentium IV dan sistem windows XP serta kendala internet. diawal awal ini rumah orang tuaku yang sinyal jelek kalau musim hujan dan terutama didalam rumah.

setelah tahu informasi terbaru bahwa pihak google selaku pemilik kuasa blogger memberlakukan bagi blogger yang suka main copy paste blognya bakal dihapus. dan ngeri.

mulai desember 2013 saya mengapus tulisan tulisan yang hasil copy paste itu dan sebisa mungkin untuk menulis yang original.

dan itu tidak mudah seperti yang dibayangkan oleh orang yang pertama ngeblog.

ada kalanya tulisan editan dalam draft hilang tanpa disave karena mati lampu, baterai habis dan cobaan lebih ngeri lagi.

pada 21 november 2015 merubah blog saya dari gratisan ke custom domain. blog gratis yang saya buat ketika lulus SMA namanya mkhoirudinfs.blogspot.com lalu ke mkhoirudinfs.com

blog ini tidak bertahan lama satu tahun. setelah kembali ke gratisan semula. saya tidak istiqomah dalam menjalankan blog ini.

karena nama pena Mukhofas Al Fikri muncul di pertengahan bulan mkhoirudinfs.com dan tidak termotivasi mengelola secara serius.

di awal bulan november 2015 saya memutuskan untuk membuat blog baru dengan nama pena Mukhofasalfikri.com dan diseriusi hingga hari ini serta berharap bisa istiqomah.

selama ini juga ngeblog saya juga tidak mengandalkan bantuan laptop, tapi juga sangat dibutuhkan.

selain ngeblog menggunakan laptop saya juga menggunakan ponsel. ponsel sudah bisa mendukung untuk ngeblog terutama menulis posting, photo dan berbagi video serta podcast.

daripada saya ngga bisa ngeblog melalui laptop minimal saya harus menulis 1 artikel setiap hari dan ini dimulai sejak saya mempunyai blog Mukhofas Al Fikri ini.

dan tentu ini suatu kebanggaan dan bentuk apresiasi terhadap diri saya pribadi.

bagaimana nasib blogger yang sudah top melalui masa masa sulitnya?

padahal tahun tahun sebelum saya internetnya jauh lebih lambat, gadget yang belum secanggih hari ini. tapi mereka menikmati proses belajar untuk menjadi sesuatu yang terbaik untuk masa depan yang dijalani.

sudah pernah saya menuliskan ide ide / calon postingan blog di buku lalu dipindahkan ke blog. sehingga ide ide segar tidak harus muncul ketika sedang online bisa jadi nanti menjadi penghambat untuk maju.

lalui prosesnya karena perjalanan adalah pengalaman berharga.

Mukhofas Al Fikri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *