Kenapa Suka Menulis?

Ini tulisan kelanjutan dari sesi sebelumnya.

Dulu sejak saya kecil tidak terlalu suka dengan membaca ataupun menulis.

Menulis adalah suatu hal yang amat menjengkelkan ketika itu. Waktu itu masih usia anak anak.

Lebih suka bermain diluar rumah dan membaca buku. Belum punya kesadaran untuk menulis.

Baru sadar kalau menulis itu adalah hal penting.

Dan kesukaan menulis berawal dari paksaan dan motivasi seorang guru di masa SMAnya.

Sampai sekarang tetap teringat banyangan ketika memberi wejangan kepadaku.

Sejak wejangan sang guru mulailah berlatih secara intensif dengan ilmu ilmu kepenulisan yang diberikan ketika pejaran bahasa indonesia.

Saya jalani dimulai dari menulis di kertas buram hingga bekas HVS yang tak terpakai, surat surat yang dibaliknya masih tampak bersih dimanfaatkan untuk menulis saja.

Minimal ide ide saja dulu.

Bahkan kertas seperti pernah dijadikan bank ide yang meliar dalam pikiranku untuk segera ditulis agar tidak hilang dan mudah dieksekusi kalau ada referensi bagus di lain hari atau ilham untuk segera dijadikan artikel.

Kalau belum bisa menulis sempurna atau sehebat para penulis senior maka menulis sebebas bebasnya sebagaimana pikiran kita berjalan, tidak terlalu menulis yang berat berat tulis yang ringan ringan saja.

Bahkan pernah menulis kejadian diasrama dari bangun tidur sampai bangun lagi. Entah sekarang kertas itu sekarang dimana. Itu termasuk diary pertama yang saya tulis saat akhir akhir kelas 3 SMA

Sejak lulus SMA meniatkan diri untuk bisa menulis lebih banyak. Sedikit demi sedikit dari desember 2013 untuk pertama kalinya membuat tulisan perdana di blog saya.

Dan terus disusul bulan berikutnya hingga hari ini tulisan di blog saya sudah banyak, bahkan ditulis di blog yang berbeda beda sehingga tidak tahu berapa jumlah artikel atau tulisan di blog saya.

Di blog yang di buat pasca lulus itu pun sudah sekitar 100an lebih (desember 2015) dan mungkin akan terus bertambah kedepannya.

Bahkan selain itu saya juga menambah sklil dalam menulis untuk mengasah agar lebih tajam dan tentu lebih menarik bagi pembacanya.

Dan untuk blog yang saat ini saya tulis baru sekitar 18an (15 desember 2015). Masih sedikit karena ini blog baru yang dibuat pada bulan november 2015.

Dan punya harapan agar tulisan saya untuk kedepannya makin banyak dan tanpa diduga duga sudah ratusan ribu hingga jutaan artikel hingga akhir menutup mata.

Saran untuk pemula

Bila ingin mau menulis, menulislah sekarang tidak usah menunggu mood menulis datang. Segera lakukan aksi sekarang juga walaupun tentang masalah kekalutan pikiran di benak kita.

Dan selain itu paksa diri untuk bisa menulis sehari minimal satu. Tidak ada hari untuk menulis.

Waktu itu penting kalau tidak bisa menggunakan sebaik baiknya maka waktu itu akan membunuhmu.

Pertama referensi untuk terus belajar menulis. Semisal

  • buku buku cara menulis buku
  • cara membuat cerpen menarik
  • cara menulis buku dalam 101 hari
  • panduan EYD
  • dan lain lain

Bila ingin gratis banyak banyaklah membaca artikel yang tersebar luas lauatan internet, hanya sekededar mengetikkan kata kunci di mesin pencari selevel google “Bagaimana caranya menulis?” maka akan muncul yang mungkin akan Anda butuhkan.

Bila ingin merogoh kantong coba ikuti seminar, diklat menulis ataupun warkshop kepenulisan, hingga mengikuti training yang terdekat dengan daerah kita tinggali.

Bila ingin tulisan kita abadi selain dari menulis buku, maka menulislah secara konsisten di blog sejak sekarang. Hasil menulis akan dipetik di masa yang akan datang bukan hari ini.

Kapan Anda mau menulis?

follow twitter @mukhofasalfikr

 

8 thoughts on “Kenapa Suka Menulis?

  1. Menulis itu nikmat. Menulis itu bisa menentramkan hati yang galau. Persaaan bisa tertumpahkan ke kanvas tulisan. Menulis bisa memudahkan ingatan kita. Di dalam Alquran pun disebut banyak sekali bahwa tulis, tulis, dan tulis. Dalam mempelajari Quran pun demikian. Jangan malas untuk menulis. Soalnya kalo nggak menulis, kita bisa lupa. 😀

    • Mi Nurmi .. sekarang juga bisa. menulis bisa dimana mana di hape, staus facebook, twitter hingga paling nyaman hehe..

      kalau Mbak Nurmi kapan mau menulis?

  2. Saya mau seperti bpk. Blogger keren yang tulisannya juga keren. Apa yg harus saya lakukan terlebih dulu? Belajar ngeblog atau belajar nulis dulu?

    • wahai mbak rossy yang baik hati. saran saya investasikan ilmunya dulu sebelum terjun dalam ngeblog. coba kalau ngga ada ilmunya mjungkin akan menjadi masalah. jujur kalao saya langsung buat blog waktu itu dan ilmu saja belum mumpuni. tapi seriiring berjalannya waktu saya belajar ilmunya juga sambil berjalan lalu. ohiya awal awal ngeblog dulu nulis saya masih nol masih malas, saya mulai menulis dari SMA bukan dimedia blog loh tapi baru kertas seadanya.

      kalo bisa dipadukan keduanya wahai mbak rossy karena ngeblog adalah seni menulis juga dan seni ngeblog.

      silakan pilih mana dulu? ngeblog atau nulis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *