Andaikan Indonesia Memiliki 4 Bahasa Nasional

tidak sengaja, saya menemukan ide bagus.

andaikan bahasa nasional negara kesatuan republik indonesia selain dari bahasa indonesia.

kalau bahasa indonesia disebut dalam sumpah pemuda, tapi bahasa yang hendak saya utarakan ini sudah lebih digunakan oleh para kaum pribumi sebelum indonesia seperti : bahasa arab dan bahasa belanda.

andaikan saja setelah indonesia merdeka pemerintah kala itu juga mencanangkan program wajib bisa bahasa belanda dan bahasa arab, karena bahasa  itu menjadi bahasa sehari hari masayarakat indonesia sebelum merdeka.

seperti bangsa malaysia yang dijajah bangsa inggris, tapi menggunakan dua bahasa nasional bahasa melayu dan bahasa inggris. malaysia tidak menyia nyiakan bahasa warisan penjajahab inggris dulu, tapi negera itu cukup maju dari negara indonesia.

karena bisa dalam bahasa arab belanda ituterdapat banyak ilmu yang harus dikarungi oleh orang orang indonesia yang masanya bisa menerjemahkan bahasa asing ke indonesia.

tapi juga tidak meninggalkan bahasa indonesia sebagai kesatuan yang disepakati bersama ketika sumpah pemuda 1928

bahasa belanda, arab, indonesia bahasa yang saling  melengkapi satu sama lain, tanpa bahasa lain indonesia tidak akan da apa apanya.

pada kenyataannya sampai sekarang angka buta huruf di indonesia masih begitu tinggi, ditambah dengan munculnya bahasa alay yang tidak semua orang bisa membacanya, khusus kelompok mereka yang bisa memahaminya.

jadi apa salahnya, mulai diberlakukan kurikulum nasional bangsa indonesia melek bahasa dari bahasa daerah, nasional hingga bahasa bahasa dunia lainnya.

apalagi beberapa tahun terakhir sudah banyak muncul kursus kursus/lembaga belajar bahasa yang sifatnya nonformal mulai dari : bahasa jepang, bahasa korea, bahasa inggris, bahasa mandarin, bahasa jerman dan bahasa bahasa lainnya.

kalau cuma mengandalkan cuma satu bahasa saja atau bahasa yang terbilang lokalnya maka akan sulit rasanya untuk berkomunikasi dengan bangsa bangsa lain yang berbeda bahasa. dan tentu bisa menyebabkan rusuh ibaratkan kurangnya komunikasi dalam keluarga.

bagaimana dengan bahasa inggris?

bahasa inggris sudah masuk bagian dari kurikulum pendidikan indonesia, ini terbukti setiap sekolah dari sekolah dasar diajarkan materi bahasa inggris, tapi penyerapan yang masuk kedalam pemahaman anak didik kurang, sehingga banyak diantara mereka yang ikut les bahasa untuk meningkatkan kemampuan berbahasanya.

bahasa arab juga sama, khusus pada sekolah sekolah yang berbasisikan agama, bahasa arab banyak dipakai, tapi kurang sehingga lulusannya ada yang melupakan ajaran ajaran bahasa yang telah didapat disekolah dulu.

apalagi materi belajar bahasa juga kurang hanya sekitar 2 jam atau 4 jam seminggu lebih banyak menonjolkan ilmu ilmu lain seperti : matematika, IPA, IPS.

bahkan bahasa inggris sudah seringakali didengar, baik lewat radio, televisi sehingga untuk menambah pemahaman kosa kata juga bertambah.

bahasa nasioal 4 bahasa

ketika saya belajar IPS terutama tentang geografi yang menjelaskan tentang kondisi suatu negara, misalnya negara : brunei darussalam bahasa saja yang dipakai dinegara tersebut pasti tidak cuma menggunakan satu bahasa nasioanl tapi lebih dari beberapa bahasa.

kapan bila indonesia ini bahasa yang sudah menjadi kebiasaan lama sejak zaman nenek moyang? bahasa arab, belanda, dan ditambah bahasa bahasa modern bahasa indonesia serta bahasa inggris. saya yakin pemahaman anak bangsa akan bahasa akan bahasa bertambah, sehingga untuk menulis ilmu dari 4 bahasa sangat mampu. dan sangat berbeda bila cuma bisa bahasa indonesia saja.

iyakan?

apalagi anak muda masa kini juga telah melupakan nilai nilai yang terkandung dalam pancasila dan pancasila hanayalah sekedar simbol pemersatu bangsa saja.

oh lupa, saya pernah membaca artikel di historia.com bila tidak salah, bahwa pakar bahasa sedang merumuskan bahasa aksara nasional seperti bahasa jawa, bahasa thailand untuk dikembangkan. saya lupa nama bahasa aksara nasional bangsa kita dan masih dikembangkan, apabila parakar bahasa itu berhasil bahasa aksara itu segera diterapkan dan dimasukkan dalam kurikulum pendidikan nasional.

bangga tidak bila memililiki bahasa aksara sekelas bahasa jawa? tapi bahasa aksara disini bukan bahasa jawa dan bahasa daerah indonesia lainnya. bahasa aksara nasional itu menurut para ahli adalah bahasa gabungan dari untur bahasa lokal daerah indonesia.

bagaimana dengan pendapat Anda?

One thought on “Andaikan Indonesia Memiliki 4 Bahasa Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *