7 Alasan Harus Jadi Penulis

Kenapa harus menjadi penulis?”

sebenarnya saya sudah menulis pertanyaan yang hampir sama di blog.

jawabannya cukup panjang dan mungkin akan menjelaskan poin poinya saja

1. menulis untuk keabadian

misalnya imam muslim dan para ulama ahlussunnah yang telah menulis ribuan jilid karya. kita masih bengong.

mau tidak mau kita harus menyaingi para ulama dan tidak akan mampu.

2. menulis membangun peradaban

saya seringkali banyak baca sejarah sejarah islam dan banyak para ulama/ilmuwan yang mendedikasikan ilmunya untuk kemaslahatan umat sehingga peradaban berubah karenanya. tanpa ilmu itu rasanya tidak mungkin.

3. ilmu yang bermanfaat

ilmu ada dua

positif dan negatif

apabila seorang penulis menulis dengan artian positif maka tulisan tentunya akan mengalir sebagai pahala yang akan terus diikuti oleh para pembaca tulisan kita terus dan seterusnya hingga dunia berakhir. jadi saran saya menulislah yang bisa menyelamatkan kita dari siksa akhirat karena ilmu yang telah kita tulis.

apabila yang kita tulis adalah dalam artian negatif tentu akan membawa malapetaka besar bagi penulis tersebut baik didunia maupun diakhirat kelak. tulisan tulisan keburukan bila diikuti dan diamalkan pembaca kita tentu akan membawa dosa berkelanjutan sampai bertobat.

ngeri ya jadi penulis bila aromanya kearah negatif. sebaiknya jangan. kita menulis untuk keabadian, kemuliaan yang baik di akhirat kelak.

4. warisan berharga

bila saya membayangkan masa lalu andaikan kakek masih hidup, ingin bertanya banyak hal tentang diri kakek. dengan mendengarkan ceritanya saja sudah ada benih benih manfaatnya.

berupa pengalamannya, sesuatu yang belum diketahui oleh anak anaknya, anak cucunya, cicitnya hingga terus kedepan ditahun dimana penulis tiada.

karena dengan menuliskan pengalaman berharga dari siapa saja entah moyang kita akan tahu sesuatu yang tidak didapatkan.

jadi menulis juga membuat jejak, merekam sejarah hidup.

alhamdulillah nenek saya masih diberikan kesempatan untuk hidup sehingga pernah bertanya banyak hal seperti : “mbah bapakku cilik kepiye?” “jamane simbah ndishik wong londho neng daerah kene ki piye?” dan lain lain. poin poinnya cukup membuat bangga dengan cerita nenek. itulah pentingnya menulis

5. menulis autobiografi

menulis autobiografi tidak harus menunggu pengalaman yang cukup. saya sendiri membuat blog ini tujuannya salah satunya menulis autobiografi.

walaupun masih sangat muda, tidak masalah. kadangkala banyak orang belum siap untuk menulis biografi sendiri.

mungkin menganggap dirinya bukan siapa siapa di masyarakat, pengalaman yang belum memadai untuk dituliskan.

banyak hal dalam hidup ini yang bermanfaat tidak sempat kita rangkum hingga waktu melupakannya dari ingatan dan menulis pengalaman pribadi yang positif untuk anak cucu hampir tiada.

jadi beranilah untuk menulis autobiografi. dengan menulis autobiografi kita harus berani menelanjangi masa lalu yang penuh suka dan duka.

suka dan duka pengalaman pribadi akan membangkitkan emosi, semangat dan terbawa suasana layaknya kita menulis diary. baca masa kecil Mukhofas di artikel lama blog ini.

6. pengaruh

saya yakin sebuah tulisan bisa memiliki pengaruh yang amat besar. ada pengaruh positif dan negatif yang telah disebut dalam poin sebelumnya.

seorang ulama menulis pasti berpengaruh bahkan pengaruhnya bisa memenuhi pelosok bumi.

intelektual menulis juga memberikan pengaruh besar. misalnya B.J Habibie ainun karena suka dukanya.

orang yang konsisten menulis berjilid jilid dan sesuatu yang baru kemungkinan akan memberi pengaruh besar dalam dekade mendatang walaupun penulisnya telah tiada.

dan tentu membawa sebuah perubahan. perubahan dari aspek terkecil hingga aspek yang sulit dipahami.

7. ide unik

pernah menuliskan beberapa ide brilian untuk diterapkan generasi penerus saya.  walaupun penulis tidak ahli dalam merakit suatu ide menjadi nyata. misalnya begini : sebelum pesawat terbang ditemukan sudah ada orang yang menuliskan gagasan ini oleh firnas dan di masa depan ide ini diadopsi oleh orang barat dan menjadi pesawat terbang hingga sekarang.

jadi menulis untuk kebaikan cakupannya sungguh luas dan berefek positif bagi para penulis seperti ini.

bagaimana dengan pendapat Anda?

Mukhofas Al Fikri

One thought on “7 Alasan Harus Jadi Penulis

  1. Kece mas, wawasan saya jadi terbuka mengenai alasan menjadi seorang penulis, dan 7 alasan ini bener2 membuat saya ingin terus menulis terima kasih mas ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *