Tempat wisata di indonesia beragam jenis dan menarik dari sabang sampai merauke salah satunya di cirebon jawa barat.diantaranya yaitu:

Danau Setu Patok

Tempat wisata di Cirebon dan Majalengka

Lokasi : Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kota Cirebon, Jawa Barat

Tiket Masuk : –

Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Fasilitas yang ada yaitu warung makan, area parkir, guest house, homestay, tempat beribadah, kamar mandi, camping area, outbound, penyewaan perahu

Cirebon memang kaya akan wisata alam dan sejarahnya yang mempesona mulai dari air terjun, waduk atau danau atau situ, hingga situs bersejarah dan mengandung legenda. Dan masyarakat Jawa Barat juga mempercayai akan adanya mitos atau pun legenda tersebut.

Salah satu lokasi wisata alami yang mengandung legenda adalah Danau Setu Patok. Bahkan Danau Setu Patok ini sempat terkenal dalam acara Dua Dunia karena memiliki misteri yang dikaitkan dengan penunggu situ ini yang konon katanya memiliki wujud seperti siluman.

Kendati demikian, masih banyak para wisatawan yang berkunjung ke danau ini, mengingat pemandangannya yang indah memang sangat sayang untuk ditinggalkan.

Telaga Nilam

Lokasi : Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Tiket Masuk : Rp 5.000

Jam Buka : 08.00-17.00

Fasilitas yang ada yaitu area parkir, warung makan, gazebo, 2 kolam yang bisa digunakan untuk berenang, tempat beribadah

Telaga ini merupakan salah satu destinasi utama liburan para wisatawan. Selain menawarkan suasana asri nan sejuk, pemandangan bawah airnya pun sungguh mempesona.

Dengan luas yang terlalu besar, danau ini memiliki air yang jernih lengkap dengan batu alami dan tanaman air bak terumbu karang serta rumput laut di dalamnya. Sehingga tak heran, jika banyak wisatawan yang berbondong-bondong ke tempat ini hanya untuk menikmati kesegaran airnya ataupun hanya melepas lelah dengan memandangi keindahan alamnya dan patut untuk dikunjungi.

Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang

Lokasi : Cikalahang, Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat

Tiket Masuk : –

Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Fasilitas yang diadakan yaitu area parkir, musholla, MCK, penginapan

Sebenarnya desa ini tak hanya terkenal akan kulinernya saja, tetapi anda juga bisa menikmati memancing di Desa Wisata Cikalahang. Asiknya lagi anda dapat memancing ikan sendiri di kolam pemancingan dan langsung meminta pengelola untuk memasaknya menjadi ikan bakar nan lezat dan mantap untuk dinikmati di sore hari.


Kondisi lingkungannya yang bersih nan asri membuatnya nyaman untuk dijadikan tempat wisata yang menyenangkan dan menarik untuk dinikmati.

Jempol Waterboom Cirebon

Jempol Waterboom Cirebon

Lokasi : Jl. Merdeka utara Km.233 ( pintu keluar tol, Jl. Tol Kanci – Pejagan, Ciledug Lor, Ciledug, Cirebon, Jawa Barat

Tiket Masuk : Rp 25.000

Jam Buka : 08.00-17.00

Satu lagi nih tempat rekreasi keluarga di kota Cirebon yaitu Jempol Waterboom Cirebon. Tempat wisata ini merupakan taman rekreasi yang menjadi salah satu tempat wisata tujuan keluarga yang cukup favorit bagi warga Cirebon dan sekitarnya.


Dengan tiket sebesar Rp 25.000, anda beserta keluarga sudah bebas menikmati semua fasilitas yang ada di dalamnya tanpa dipungut biaya tambahan dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan diantaranya yaitu waterboom dan mainan mainan lain menarik untuk anak anak anda.

Sentra Trusmi

Sentra Batik Trusmi

Lokasi : Kawasan Batik Trusmi, Kecamatan Plered, Cirebon, Jawa Barat

Tiket Masuk : Rp 15.000

Jam Buka : 09.00-17.00

Kampung Trusmi merupakan salah satu kampung yang memiliki potensi yang sangat besar sebagai produsen batik di tanah air, sekaligus potensi besar untuk dikembangkan lagi sebagai kawasan wisata budaya dan ekowisata, karena eksistensi kampung ini sebagai penghasil batik sudah dimulai sejak abad ke-14.


Selain sebagai mata pencarian, masyarakat kampung ini juga menjadikan aktivitas membatik sebagai bagian dari adat dan budaya serta pola hidup yang mereka jalani sehari-hari. Maka tak heran, lebih dari 3000 orang merupakan pengrajin batik.


Selain melihat proses pembuatan batik, tentunya anda juga dapat memburu batik di kampung ini dengan motif yang sangat bervariasi dan unik dan kita dapat belajar membatik menarik untuk dikunjungi.

Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati

Lokasi : Jalan. Raya Sunan Gunung Jati, Gunung Jati, Astana, Cirebon, Jawa Barat

Tiket Masuk : –

Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Makam syekh Syarif Hidayatullah atau yang terkenal dengan nama Sunan Gunung Jati ini mempunyai arsitektur unik dimana bangunannya merupakan kombinasi antara gaya arsitektur Cina, Arab dan Jawa. Arsitektur Cina sangat terlihat kental pada desain interior pada dinding makam, sedangkan untuk arsitektur Jawa tampak pada atap bangunan yang berbentuk limasan khas Jawa dan cocok bagi yang ingin mengetahui sejarah islam.

Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon

Lokasi : Jalan Kasepuhan No. 43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

Tiket Masuk :

Pelajar : Rp 10.000

Umum : Rp 15.000

Turis Mancanegara : Rp 20.000

Jam Buka : 08.00-18.00

Berkunjung ke Cirebon rasanya kurang pas jika tidak tidak mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton Kasepuhan Cirebon ini merupakan sebuah keraton yang didirikan oleh Pangeran Cakrabuana pada masa penyebaran agama islam sekitar tahun 1529.


Saat pertama kali berada di tempat ini, pengunjung akan disambut dengan bangunan Siti Hinggil yang merupakan bangunan pertama atau bangunan paling terdepan saat pengunjung memasuki kawasan keraton.


Masuk lebih dalam ke kompleks keraton, pengunjung akan menjumpai gapura bergaya Majapahit. Kata Sapura diambil dari bahasa Arab, iaitu Am Ghafur yang memiliki makna maha pengampun. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat kereta keratan dan benda-benda pusaka di gedung museum yang terdapat di dalam kompleks.


Selain menjadi tempat pelestarian budaya, keraton ini juga masih mengadakan berbagai acara tradisi yang diselenggarakan setiap tahun. Acara Panjang jimat salah satunya yang dimana merupakan acara untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Hal itu juga menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung setiap tahunnya.

Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman Cirebon

Lokasi : Jl. Kanoman No.40, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

Tiket Masuk : Rp 15.000

Jam Buka : 09.00-17.00

Keraton ini didirikan oleh Pangeran Mohammad Badrudin alias Pangeran Kertawijaya yang bergelar Sultan Anom I yang diangkat pada tahun 1678 M. Di dalam keraton ini banyak peninggalan bersejarah yang memiliki ikatan yang cukup erat dengan syiar agama Islam yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati, dikenal dengan Syarif Hidayatullah.


Lokasinya yang strategis juga membuatnya tak lepas dari kunjungan para wisatawan setiap harinya

Pantai Kejawen

Lokasi : Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Kendaraan Roda Empat)

Jam Buka : 06.00-18.00

Fasilitas : area parkir, penyewaan perahu, spot memancing

Pantai ini sangat terkenal oleh masyarakat CIrebon, bahkan Jawa Barat dan sekitarnya juga mengenal pantai yang satu ini. Ketenaran dari pantai ini karena adanya mitos dan misteri unik yang menyelimuti pantai ini. Para warga setempat juga sangat mempercayai akan adanya mitos dan misteri tersebut


Konon katanya air dari pantai ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari rematik, asam urat, penyakit kulit, radang tenggorokan, hingga stroke, diabetes dan lain sebagainya. Sehingga banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke pantai ini untuk berendam.


Terlepas dari mitos dan misteri Pantai Kejawanan pemandangan sunset yang ditawarkan juga tak kalah indah dari pantai lainnya. Sehingga saat sore menjelang banyak pengunjung yang datang kemari untuk mengabadikan moment sunset tersebut.

Pantai Kura – Kura Belawa

Wisata Kura-kura Belawa

Lokasi : Belawa, Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat

Tiket Masuk : Rp 3.000

Jam Buka : 08.00-17.00

Daya tarik dari tempat wisata yang satu ini adalah kura-kura yang mempunyai ciri khusus di punggung dengan nama latin ” Aquatic Tortose Ortilia norneensis”.


Disini para pengunjung dapat menjumpai berbagai macam kura-kura yang di tangkar di kolam penampungan yang cukup representatif, terdiri dari kolam tukik (untuk kura-kura yang masih kecil), kolam kura-kura dewasa, serta kolam khusus untuk pengembangbiakan.


Anda akan melihat sedikitnya 200 kura-kura dengan tempurung unik hidup dan berkembang biak dengan baik disini.dan menarik diminati untuk semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *