10 Alasan Tentang Karanganyar, Kenapa dan Mengapa?

Setiap individu pasti memiliki tempat tinggal yang selalu terkenang dalam benaknya dan itu tidak akan pernah pudar di telan usia. Bahwa ia sedang berangan angan tentang masa kecilnya tentang kampung halaman yang sangat di rindukan.
Ketika seorang anak yang ketika kecil lahir desa terpencil di sebuah pulau yang belum tersinari oleh listrik, ataupun budaya luar dari pulaunya dan ketika ia remaja pergi merantau yang jauh dari desanya hanya untuk mendapatkan ilmu, pembelajaran yang lebih maju dan tentu saja pekerjaan yang lebih menjanjikan di perantauannya sana.
Begitulah angan angan seorang perantau ia begitu membayangkan akan ke kampung halamannya yang jauh di sana. Ia sangat rindu dan merasa kangen dengan keluarganya dan keindahan alam desanya yang masih asri, bersih, nyaman, damai, dan penuh dengan kesejukan.
Mungkin itulah salah satu kenangan yang akan terus di ingat tentang akan kampung halaman ya? Bila memandang ke alam berpikir lain akan suasana rindu, tentu itu pasti.
Bagaimana dengan aku? (Mukhofas) tentu punya kenapa kampung halaman yang aku tinggali layak untuk di kunjungi?
Aku tak pandai dalam menulis hal hal yang layak di kunjungi tentang kampung halamanku, tapi akan sebisa mungkin memaparkan kenapa kampung halamanku benar benar layaj di kunjungi.
Pertama, kampung halaman ada di sebelah barat gunung lawu kabupaten karanganyar indonesia sebuah tempat yang berbatasan langsung dengan provinsi jawa timur dengan provinsi jawa tengah.
Kedua, salah satu bekas daerah peninggalan kekusaan belanda di indonesia sehingga jejak jejaknya masih bisa di lihat hingga kini, pernah dengar tentang pabrik gula yang pernah di bangun di jaman belanda dulu? Nah di kampung halaman sini masih bisa di lihat sebagai destinasi wisata daerah karanganyar.
Ketiga, destinasi makam ziarah astana giri bangun dan giri layu sebagai tempat peristirahatan terakhir raja raja keraton surakarta dan di sini pula peristiratan presiden soeharto dan ibu negara tien soeharto sehingga bisa menjadi memo sejarah indonesia di masa orde baru.
Keempat, menurut majalah yang aku baca di sini tempat durian varietas asli yang konon nama buah durian itu adalah durian sukun. Durian yang warnanya kuning kulitnya ini mungkin hanya dapat di temui di daerah sini.
Kelima, salah satu tempat yang di lalui sungai bengawan solo sungai terpanjang di pulau jawa dan berhulu dari waduk gajah mungkur wonogiri dan bermuara di gresik jawa timur dekat dengan pulau madura. Dan tentu saja salah satu daerah yang di sebut dalam lagu bengawan solo yang di mainkan oleh sang maestro keroncong legendaris gesang hingga ke mancanegara. Itu selalu terngiang ngiang dalam benak tentang kampung halaman.
Keenam, sangat dekat pula karanganyar dengan keraton surakarta, pura mangkunegaran yang merupakan bekas bekas kerajaan islam yang ada di indonesia yang sebelumnya merupakan satu kesatuan kerajaan gabungan keraton surakarta, mangkunegaran dan keraton yogyakarta yang akhirnya di pecah belah oleh belanda melalui perjanjian perjanjian salah satunya adalah perjanjian giyanti 1755 dan lokasi tempat mengadakan perjanjian itu ada di karanganyar.
Ketujuh, ada juga bekas peninggalan belanda yang berupa benteng vastenburg hingga kini yang dekat karanganyar pun masih bisa kita nikmati seperti yang ada di jogja yang terkenal dengan marlboronya, pasar beringharjo, tapi kalau di dekat karangayar ada pasar klewer, pasar gede, dan pasar pasar tradisioanal lainnya.
Kedelapan, destinasi wisata alam yang masih alami di kecamatan matesih, ngargoyoso, jatiyoso, dan tawangmangu masih terdapat destinasi alam tersembunyi yang belum banyak di lirik turis domestik maupun mancanegara. Di tambah dengan candi hindu di sini yang cukup populer dengan sebutan candi sukuh dan candi cetho.
Kesembilan, mantan bupati karanganyar tahun 2003-2008 dan 2008-2013 rina iriani sri ratna ningsih menurut sebauh sumber di juluki ratu jenmani, mungkin karena di karanganyar juga ada bunga jenmani sehingga bunga itu di sematkan ke mantan bupati itu.
Kesepuluh, menurut sebuah sumber bahwa jalan raya nasional tawangmangu merupakan jalan raya tertinggi yang ada di indonesia sehingga tidak ada daerah manapun di indonesia yang jalan rayanya tertinggi seperti itu dari gunung lawu.
Nah dari kesepuluh ini saja yang aku tulis mengingat luasnya jangkuan apa yang akan lebih di paparkan tentang kenapa kampung halamanmu layak di kunjungi.

2 thoughts on “10 Alasan Tentang Karanganyar, Kenapa dan Mengapa?

    • Mas Fakhrudin.. sedikit cerita nih. saya mah sempat hilang di sekitar candi cetho saat mengadakan camping di sana. sebenarnya saya tuh ngga hilang atau tersesat. karena orang tua kebingungan aja. eheh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *